Sebelum kita bekerja dengan MAYA 6 terdapat sebuah konsep penting yang harus dipahami dengan baik yakni sistem koordinat ruang (3D). Konsep ini juga berlaku bagi program aplikasi pemodelan 3D lainnya seperti 3Dmax atau AutoCAD. Jadi, marilah kita kita memulai semuanya dari konsep ini!

Anda harus tahu bahwa seluruh obyek yang terdapat didalam MAYA 6 itu bersifat eksak (pasti). Obyek-obyek yang digambar pada layar diletakkan dengan memakai sistem koordinat 3D. Sistem koordinat ini terdiri atas tiga sumbu yang saling berpotongan secara tegak lurus, yaitu sumbu X, Z dan Y (diperlihatkan gambar dibawah).




Titik potong dari ketiga sumbu itu disebut sebagai origin, yang merupakan titik pusat dari sistem dengan koordinat (0, 0, 0). Yang perlu diketahui berkaitan dengan origin ini adalah bahwa setiap kali kita menciptakan sebuah obyek 3D, maka titik pusat dari obyek itu oleh default program akan diletakkan pada origin. Sebagai contoh, kita bisa perhatikan gambar obyek dalam pandangan atas (top), depan (front), samping (side) dan perspektif berikut ini:


Ya, didalam MAYA 6 kita bisa dengan mudah menggambar obyek-obyek 3 dimensi seperti kubus, kerucut, tabung, bola dan sebagainya, yang kemudian bisa melihatnya dalam pandangan tertentu maupun dalam empat pandangan sekaligus. Saat pertama kali MAYA 6 dijalankan, default program menyediakan bidang kerja dalam pandangan perspektif.

Selanjutnya, obyek dapat dimanipulasi secara akurat dengan cara memasukkan nilai-nilai ukuran yang diinginkan. Keempat pandangan ini sangat penting dan bermanfaat dalam memastikan bahwa obyek-obyek sudah berada pada posisi semestinya. Perhatikan contoh berikut:



Dalam pandangan perspektif, obyek bawah tampak seperti sudah menopang sempurna obyek yang berada diatasnya. Benarkah demikian? Marilah sekarang kita lihat dalam pandangan samping berikut:



Ternyata kedua obyek itu tidak benar-benar dalam keadaan saling menempel melainkan terdapat suatu jarak diantara keduanya. Jadi, berhati-hatilah dengan tipuan pandangan mata anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 X MM 1 - Shingeki No Kyojin - Powered by PENYOKK !!! - Designed by Ilyasa and Aldy -